Jumat, 25 Maret 2016

sopan santun terhadap orang yang lebih tua

sopan santun kepada yang lebih tua


            Sopan santun mngkin tidak dapat dinilai lebih dalam, lagi karena sopan santun bukanlah sebuah ideologi dan tidak mngkin dapat diukur dengan kasat mata. tapi melainkan suatu nilai yang begitu berharga dalam menjalani suatu komunikasi dengan orang lain. Untuk dapat menilai span santun, kita perlu dapat memahami cara bertingkah laku sopan santun terlebih dahulu.Setelah itu, kita akan mengerti seberapa berharganya sopan santun dalam bersosialisasi dengan orang lain.Norma sopan - santun adalah peraturan hidup yang timbul dari sebuah hasil pergaulan sekelompok manusia didalam msyarakat dan dianggap sebagai pedoman pergaulan sehari - hari masyarakat  itu.Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopaanan berbeda-beda di berbagai tempat,lingkungana atau waktu.
          
            Kata - kata sederhaana seperti minta maaf terima kasih dan tolong harus sering diucapkan seorang anak karena sering menyebut kata- kata itu anak mengerti akan arti sesungguh nya sopan santun kepada orang lain. Anak - anak sebaik nya belajar tentang sopan santun sejak usia dini. Karena dengan belajar sopan santun anak akan dapat berprilaku dengan baik, sehingga dapat berteman baik dengan siapapun ataupun selalu menghormati orang - orang yang lebih tua.Diaharapkan dengan penggenalan prilaku ini akan memberikan dampak postitif bagi anak.
                   Disini saya akan menuliskan tentang sopan santun kepada orang yang lebih tua misal nya seorang saudara kandung kita yang lebih tua atau biasa disebut dengan pangilan " kakak". sopan santun untuk seorang adek kepada kakanya bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun itu. misalnya kakak membantu adiknya mengerjkan tugas pekerjaan rumah yang diminta oleh guru disekolahnya.setelah selesai pun adik wajib mengucapakan kata " terima kasih " karena telah membantunya mengerjakan tugas sekolah.kita bisa mengajarkan kepada seorang anak atau adik kita untuk selalau menghargai jerih payah orang lain dengan mengucapkan terima kasih kepadanya. dengan begitu ia dapat menghargai sekaligus dihargai orang lain.
          
              Dalam contoh lain adik wajib menyapa kakak nya lebih dahulu atau selalu memberi salam kepada kakaknya terlebih dahulu karena itu adalah sebagai bentuk hormat kepada orang yang lebih tua. kita harus menanamkan rasa sopan santun ini kepada keluarga kita teman kita dan bahkan pada diri kita sendiri karna dengan adanya rasa sopan santun dalam dirikita maka kita akan selalu menghormati orang yang lebih tua kepada kita kalau kita tidak menanmkan rasa sopan santun ini kepada diri kita maka celakah kita, jangan kan mau menghormati orang lain. orang lainpun enggan menghormati kita.
mungkin  sampai disini dulu penulis membahas tentang rasa sopan santun kepada yang lebih tua semoga kita semua mempunyai rasa sopan santun dalam diri kita dan saling menghormati satu sama lain.
sumber:tidak dikenal
disadur oleh:wiwi kartika
kelas:9b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar